Desa Purwasari adalah Desa Pemekaran dari Kelurahan Cicurug pada tahun 1980, Luas wilayah 317 Ha, batas wilayah Utara Berbatasan dengan Desa Nanggerang; Timur Berbatasan dengan Desa Wangun jaya; Selatan Berbatasan dengan Desa Nyangkowek; Barat Berbatasan dengan Cicurug. Jumlah penduduk 9.657 jiwa.

Jumat, 18 April 2014

Sosiolog UGM : Desa Butuh Perangkat Berkualitas

Peneliti Institute for Research and Empowerment Yogyakarta Arie Sudjito mengatakan desa perlu menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas setelah pengesahan Undang-Undang Desa. Perangkat desa hendaknya memiliki kemampuan yang cukup mengelola dana alokasi desa. Misalnya ketika menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa.

Desa juga perlu mengaktifkan kembali Badan Permusyawaratan Desa “Pengunaan alokasi dana desa perlu kontrol BPD,” kata Arie pada acara Forum Desa Nusantara di Desa Sambak, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu, 8 Februari 2014.

Acara itu melibatkan sejumlah kepala desa dari berbagai wilayah di Indonesia. Ada dari Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Budiman Sudjatmiko, Ketua Panitia Khusus Undang-Undang Desa Akhmad Muqowwam, Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, dan Direktur Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri Tarmizi A Karim.

Arie menyatakan Undang-Undang Desa menguatkan posisi desa karena desa punya kewenangan penuh mengelola ihwal yang berkaitan dengan pemberdayaan desa. Aturan ini juga menjadi contoh penerapan demokrasi di Indonesia. Sosiolog Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini menggambarkan struktur desa di Indonesia sangat kaya. Desa di Jawa berbeda sama sekali dengan desa di Aceh, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, dan lainnya.

Keunikan desa itu dijamin keragamannya dalam Undang-Undang Desa. Aturan ini menunjukkan tidak ada penyeragaman struktur desa agar seragam dengan desa di Jawa seperti masa Orde Baru. “Aturan ini reformis karena menghargai masyarakat adat,” kata dia.

Arie juga mengkritik pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan yang saban tahun berlangsung di tingkat nasional. Kegiatan ini kerap tidak menyentuh persoalan desa. Musrenbang hanya formalitas. Akibatnya, desa menjadi terpinggirkan.

SHINTA MAHARANI.
Referensi : http://www.tempo.co/read/news/2014/02/08/078552355/Sosiolog-UGM-Desa-Butuh-Perangkat-Berkualitas

1 komentar:

EWITA YUDA mengatakan...

Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.

Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons